Manfaat Vitamin C Bagi Tubuh dan Kulit
Manfaat Vitamin C Bagi Tubuh dan Kulit

Manfaat Vitamin C Bagi Tubuh dan Kulit

Manfaat Vitamin C Bagi Tubuh dan Kulit – Salah satu vitamin yang selama ini dikenal aman untuk dikonsumsi dan memiliki banyak kegunaan bagi tubuh adalah vitamin C. Salah satu vitamin tersebut memiliki manfaat yang baik dalam menjaga daya tahan tubuh dan kesehatan kulit. Untuk mendapatkan vitamin C juga mudah, baik dari makanan maupun suplemen.

Vitamin C, sering disebut sebagai asam askorbat, adalah vitamin yang larut dalam air yang tidak diproduksi oleh tubuh.

Anda bisa mendapatkan sumber vitamin C dari buah dan sayuran segar atau dari suplemen vitamin C jika diperlukan.

Manfaat vitamin c ini diperlukan untuk perkembangan dan pemeliharaan fungsi organ tubuh dan berperan penting dalam imunitas.

Alasan penting untuk mengonsumsi vitamin C

Manusia perlu mengkonsumsi Vitamin C setiap hari untuk merasakan manfaat Vitamin C secara optimal.

BACA JUGA :   Jenis Vitamin Ibu Hamil Trimester 1 yang Wajib Dikonsumsi

Selain manfaat vitamin C yang disebutkan di atas, berikut beberapa manfaat vitamin C untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit yang perlu Anda ketahui:

Meningkatkan stamina dan membantu proses pemulihan

Mengkonsumsi vitamin C bermanfaat dalam banyak kasus, seperti batuk dan pilek yang dapat dicegah dengan memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin C. Begitu juga saat lelah atau saat melakukan aktivitas berat.

Selain itu, vitamin C berperan penting dalam penyerapan zat besi dari makanan dan membantu sistem kekebalan tubuh berfungsi dengan baik untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit dan membantu proses penyembuhan luka.

sebagai antioksidan

Vitamin C juga merupakan antioksidan yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh molekul berbahaya yang disebut radikal bebas, serta bahan kimia beracun dan polutan seperti asap rokok. Radikal bebas dapat menumpuk yang dapat meningkatkan risiko penuaan dini, kanker, dan penyakit jantung.

Kesehatan

Dipercaya juga bahwa manfaat mengonsumsi vitamin C membantu menjaga kesehatan tulang rawan, tulang, dan gigi. Ini juga menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah Anda, sehingga Anda dapat mencegah serangan jantung dan stroke. Tak hanya itu, vitamin C juga dipercaya dapat mencegah katarak dan penyakit kandung empedu.

BACA JUGA :   Pahami Penyebab Tekanan Darah Rendah

produksi kolagen

Untuk kulit sendiri, manfaat vitamin C membantu tubuh memproduksi kolagen, protein yang penting untuk membantu mencegah keriput, proses penyembuhan luka, memperlambat proses penuaan, kemampuan menjaga awet muda, dan mencerahkan kulit.

Dengan kata lain, Vitamin C juga berperan dalam memperlambat penuaan kulit. Sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition meneliti hubungan antara nutrisi dan penuaan kulit pada 4.025 wanita antara usia 40 dan 74.

Ditemukan bahwa asupan vitamin C yang lebih tinggi dikaitkan dengan kemungkinan lebih rendah terkena masalah kulit. seperti keriput, kulit kering dan penuaan kulit.

Mengatasi dermatitis

Dermatitis tergantung pada sejumlah kondisi. Seperti dermatitis atopik, psoriasis dan jerawat dengan gejala termasuk rasa sakit, kering dan gatal.

BACA JUGA :   3 Asuransi Kesehatan Terpercaya di Indonesia

Oleh karena itu, perawatan dermatitis menargetkan dan mempertahankan kondisi kulit yang mendasarinya. Nah, nutrisi seperti Vitamin C memainkan peran yang sangat penting dalam kedua aspek tersebut.

Vitamin C sering digunakan dalam formulasi anti-inflamasi, bahkan memiliki sifat yang melebihi kemampuannya sebagai anti-inflamasi dalam pengaturan penyakit.

Kebutuhan untuk mengonsumsi vitamin C dengan benar

Sumber vitamin C alami selain jeruk dapat diperoleh antara lain dari buah kiwi, mangga, pepaya, nanas dan sayuran, seperti brokoli, paprika, paprika merah, dan tomat.

Sedangkan sebagai suplemen, Anda bisa mengonsumsi suplemen vitamin C yang bisa berupa tablet vitamin C kunyah, tablet larut air, pil, permen, atau dalam bentuk suntikan. Tetapi untuk suplemen ini, dosis yang benar harus diikuti sesuai saran dokter.

Dosis suplemen vitamin C yang dianjurkan adalah 75 hingga 90 miligram. Dosis harian 500 mg vitamin C dianggap aman dan cukup untuk menjaga kesehatan.

Penting untuk diketahui bahwa jika terjadi infeksi atau setelah operasi, kebutuhan vitamin C akan meningkat karena membantu dalam proses penyembuhan.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang manfaat dan kebutuhan vitamin C untuk setiap orang, Anda bisa mendiskusikannya dengan dokter.