Cara Benar Mengkonsumsi Madu Untuk Mengobati Berbagai Penyakit
Cara Benar Mengkonsumsi Madu Untuk Mengobati Berbagai Penyakit

Cara Benar Mengkonsumsi Madu Untuk Mengobati Berbagai Penyakit

Cara benar mengkonsumsi madu untuk mengobati berbagai penyakit harus di pahami betul. Seperti halnya proses pembuatan madu, komposisi madu juga cukup kompleks. Madu mengandung komponen seperti enzim alami, ragi, berbagai mineral, asam amino, air dan tentu saja berbagai jenis gula.

Jumlah gula dalam madu sangat rendah dibandingkan dengan gula. Padahal, kandungan ini lebih sedikit dari pisang.

Madu juga mengandung sekitar 17,2 persen air. Ternyata, lebah tahu persis kapan harus menutup sisirnya dengan lilin lebah, kapan harus menganginkan nektar agar menguap dalam jumlah yang tepat. Jika ada banyak air, itu akan berfermentasi. Jika terlalu sedikit air, madu akan mulai mengkristal. Menakjubkan bukan?

Madu telah terbukti menjadi obat alami yang ampuh untuk mengobati atau meredakan berbagai penyakit. Namun, ada beberapa cara penggunaannya yang harus diperhatikan sesuai dengan penyakit yang Anda derita. Nah, berikut ini adalah Cara benar mengkonsumsi madu untuk mengobati berbagai penyakit.

BACA JUGA :   Manfaat Vitamin C Bagi Tubuh dan Kulit

1. Buat sirup dekongestan

Madu adalah cara sempurna untuk membuat dekongestan alami yang ampuh yang benar-benar berfungsi. Hal ini karena dapat digunakan sebagai manstrum untuk membantu mengekstrak bahan kimia kuat dalam herbal yang digunakan.

Sinusitis dapat dihilangkan dengan mengkonsumsi madu dekongestan, meskipun terdiri dari madu sebagai bahan utama, tetapi Anda juga harus menggabungkan kekuatan herbal dan rempah-rempah untuk mendapatkan dekongestan terbaik yang pernah ada.

Madu memiliki sifat antibakteri. Inilah alasan untuk membeli madu mentah dan menggunakannya!

2. Madu sebagai masker wajah dan pencuci muka

Madu dapat membantu mengatasi iritasi kulit dan bahkan jerawat. Sungguh menakjubkan betapa lembutnya wajah setelah mencucinya dengan madu.

BACA JUGA :   Pertolongan Pertama Sakit Gigi Yang Bisa Di Lakukan

Untuk mencuci muka, ambil satu sendok makan madu dan pijatkan pada kulit yang lembab selama beberapa menit. Bilas sampai bersih.

Untuk membuat pencuci muka, tambahkan sejumput kayu manis ke dalam madu. Kayu manis membantu meningkatkan sirkulasi darah dan mengelupas kulit.

Untuk membuat masker wajah, oleskan sedikit madu (dengan kayu manis jika Anda suka) ke wajah Anda, dan biarkan selama 10 menit. Bilas dengan air hangat.

3. Madu sebagai obat sakit tenggorokan

Madu sangat baik untuk menutupi sakit tenggorokan dan bengkak yang disebabkan oleh penyakit atau alergi. Jika Anda menggabungkannya dengan herbal lain yang memiliki sifat antibakteri dan penyembuhan, Anda akan mendapatkan obat yang luar biasa untuk sakit tenggorokan.

Buatlah minuman madu yang diresapi dengan lemon. Anda juga bisa merendam madu dengan thyme, untuk penenang tenggorokan yang lebih antibakteri.

Ambil 1 sendok teh satu hingga beberapa kali sehari dan nikmati, atau Anda juga bisa menambahkannya ke teh herbal atau susu hangat.

BACA JUGA :   Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil yang Wajib Diketahui

4. Gunakan madu sebagai pembalut luka

Madu telah digunakan untuk membantu penyembuhan luka selama ribuan tahun. Faktanya, ada banyak studi klinis yang dilakukan pada madu sebagai pembalut luka dan untuk penyembuhan luka yang membuktikan bahwa madu adalah obat alami yang luar biasa.

Madu bersifat antibakteri, antiinflamasi, dan merangsang kekebalan tubuh. Di bawah ini adalah beberapa bukti klinis penggunaan madu sebagai pembalut luka yang efektif dalam artikel dari Wounds Research ini.

5. Gunakan madu untuk mengobati sengatan matahari, gigitan serangga, dan iritasi kulit

Anda bisa mengoleskan madu langsung ke jaringan kulit yang terkena. Gunakan sedikit madu, oleskan pada bagian yang sakit dan biarkan selama 30 menit sebelum dibilas. Anda juga bisa mengoleskan perban jika areanya kecil.

Cara lain menggunakan madu bisa untuk kulit yang terbakar sinar matahari atau masalah kulit lainnya, kemudian Anda bisa mengombinasikannya dengan bahan lain yang sudah terbukti seperti lidah buaya, oatmeal atau bahkan susu.

Bagaimana, menarik bukan? Pastikan untuk mencoba Cara benar mengkonsumsi madu untuk mengobati berbagai penyakit di rumah!