Pertolongan Pertama Sakit Gigi
Pertolongan Pertama Sakit Gigi

Pertolongan Pertama Sakit Gigi Yang Bisa Di Lakukan

Pertolongan pertama sakit gigi –  yang bisa di lakukan yang berulang di tengah malam bisa sangat mengganggu, karena kita jauh dari jam kerja dokter gigi atau apotek.

Ketika linu panggul kambuh saat Anda jauh dari obat penghilang rasa sakit, Anda dapat meredakannya dengan pengobatan rumahan alami.

Pertolongan pertama sakit gigi ini mungkin tidak dapat sepenuhnya menghilangkan rasa sakit akibat gigitan. Tapi tingkat rasa sakitnya bisa ditekan sedikit, jadi kamu tidak akan terlalu tersiksa hingga tidak bertahan sampai pagi.

Di pagi hari, Anda bisa langsung pergi ke kantor dokter gigi untuk mendapatkan perawatan yang paling tepat. Dilansir dari Medical News Today, berikut adalah pertolongan pertama sakit gigi dengan pengobatan rumahan yang sangat mudah:

BACA JUGA :   Kriteria Makanan Sehat yang Baik Untuk Tubuh

1. Terapi bawang putih

Bawang putih telah lama digunakan dalam dunia pengobatan herbal. Bahan rempah-rempah ini mengandung antibakteri yang disebut allicin yang dapat digunakan untuk membunuh bakteri pada gigi berlubang dan meredakan sakit gigi yang ada.

Caranya, haluskan bawang putih dan campurkan dengan sedikit garam. Pasta yang ada, gunakan untuk mengolesi gigi yang sakit. Dalam beberapa menit, rasa sakit akan mereda sedikit demi sedikit.

2. Terapi Lidah Buaya

Lidah buaya mengandung gel dingin yang biasa digunakan untuk meredakan rasa panas akibat luka bakar dan rasa sakit akibat goresan atau luka.

Selain itu, lidah buaya juga bisa digunakan untuk meredakan sakit gigi. Lidah buaya mengandung sifat antibakteri yang dapat membunuh kuman penyebab kerusakan gigi.

BACA JUGA :   Penyebab Jerawat di Hidung dan Cara Menghilangkannya

Caranya, haluskan gel lidah buaya dan oleskan pada lubang gigi yang ada. Senyawa antibakteri akan mengurangi jumlah kuman gigi dan sensasi dingin gel akan memberikan rasa nyaman pada saraf gigi.

3. Terapi cengkeh

Cengkih mengandung eugenol, senyawa alami yang bertindak sebagai anestesi. Bumbu aromatik ini juga memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi yang dapat mengurangi pembengkakan gusi akibat gigi berlubang.

Saat sakit gigi kambuh, rendam kapas dalam minyak cengkeh dan letakkan di rongga gigi. Atau Anda bisa memasukkan kapas yang telah diberi minyak cengkeh ke dalam lubang dan biarkan di sana selama beberapa menit.

Cara ketiga, ambil cengkeh kering dan kunyah sampai keluar minyak alaminya. Kemudian letakkan cengkeh di atas rongga.

4. Teh pepermin

Seperti cengkeh, teh peppermint juga mengandung senyawa alami yang bekerja seperti anestesi, mengurangi rasa sakit.

BACA JUGA :   Tips Cara Merawat Ketiak Agar Bersih dan Mulus

Selain itu, kandungan mentol yang kaya antibakteri juga dapat meredakan pembengkakan gigi akibat gigi berlubang yang disebabkan oleh kuman gigi.

Untuk meredakan sakit gigi, rendam daun mint dalam air mendidih dan diamkan selama 20 menit atau sampai airnya dingin.

Kemudian gunakan air teh tersebut untuk berkumur di area gigi yang sakit. Anda dapat mengibaskan atau menyesap airnya seperti yang Anda lakukan pada teh biasa.

5. Kompres air dingin

Menerapkan tekanan dingin pada gigi yang sakit di rahang juga dapat meredakan rasa sakit akibat benturan saraf.

Sensasi es yang ada dapat memperlambat aliran darah ke area gigi yang sakit. Ini bisa sedikit melemahkan saraf di daerah tersebut.

Lima cara di atas hanyalah Pertolongan pertama sakit gigi untuk beberapa waktu. Untuk pengobatan yang maksimal, sebaiknya gigi berlubang atau gusi bengkak diobati dengan bantuan medis.