Bantuan Sosial Dari Pemerintah Akan Dicairkan Pada September 2021
Bantuan Sosial Dari Pemerintah Akan Dicairkan Pada September 2021

Bantuan Sosial Dari Pemerintah Akan Dicairkan Pada September 2021

Bantuan Sosial Dari Pemerinta- Berbagai bantuan sosial  dari pemerintah akan kembali dikucurkan pada September 2021. Setidaknya ada enam bantuan sosial untuk masyarakat umum yang akan dikucurkan pada September 2021.

Pemerintah akan terus menyalurkan sejumlah bantuan sosial dari pemerintah kepada masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19 pada September 2021.

Bantuan sosial dari pemerintah akan diberikan pada September 2021, yang di antaranya melalui Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang nilainya telah meningkat dari Rp 699 triliun menjadi Kisaran Rp 744 triliun.

Bantuan sosial dari pemerintah diberikan melalui kementerian terkait, seperti Kementerian Sosial, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), dll.

Setidaknya ada 6 bantuan pemerintah yang akan terus diberikan pada September 2021. Apa saja itu? Berikut daftar bantuan sosial pemerintah yang akan disalurkan pada September 2021:

1. Dukungan listrik PLN

Salah satu bantuan sosial negara yang akan dikucurkan pada September 2021 adalah subsidi listrik PLN. Pemerintah kembali memperpanjang program subsidi listrik hingga Desember 2021.

Peresmian Kompas.com, Selasa (31/8/2021), Kementerian ESDM mengumumkan perpanjangan bantuan hibah. Pasalnya, PPKM masih berjalan di Jawa Pali.

BACA JUGA :   Cara Cek Pencairan Bantuan Langsung Tunai BPJS Ketenagakerjaan

Stimulus Listrik merupakan subsidi potongan harga listrik kepada pelanggan rumah tangga, bisnis dan industri sebagai bagian dari stimulus ekonomi akibat pandemi Covid-19. Ada dua cara untuk mendapatkan bantuan bantuan listrik, website dan aplikasi PLN Mobile yaitu:

2. Bantuan berbagi internet

Apalagi bantuan sosial pemerintah yang akan dikucurkan pada September 2021 adalah untuk membantu kuota internet, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nadim Makarem mengatakan kuota internet ini akan dibagikan secara berkala setiap bulan

Berbagi bantuan online berlaku selama 30 hari sejak diterima. Bantuan kelas internet untuk menyongsong kegiatan pembelajaran jarak jauh (PJJ) diberikan kepada 26,8 juta mahasiswa dan dosen dari semua jenjang pendidikan.

3. Bantuan Penunjang Upah/Gaji (BSU)

Setelah itu, bantuan sosial negara yang akan dikucurkan pada September 2021 adalah bantuan subsidi upah kepada pekerja. BSU tahap 1-3 sudah dibagikan, sekarang masyarakat menunggu tahap 4.

Penerima subsidi upah adalah pekerja/buruh yang terdampak pandemi COVID-19. Bantuan sosial dari pemerintah disalurkan melalui rekening.

Bantuan tersebut merupakan subsidi gaji/upah sebesar Rp 500.000 selama dua bulan yang dibayarkan sekaligus, sehingga penerima bantuan mendapatkan satu juta rupiah sekaligus.

pemerintah kembali melalui Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) menyalurkan subsidi gaji tahap IV kepada 1,8 juta calon penerima.

BACA JUGA :   Presiden Jokowi Berambisi Jadikan RI Raja Produsen Kendaraan Listrik

Sekretaris Jenderal Kementerian Tenaga Kerja Anwar Al-Senussi menjelaskan, pihaknya menerima data calon penerima bantuan subsidi gaji tahap keempat pada 25 Agustus 2021.

Namun, pekerja yang diterima adalah pemegang akun Himbara. Mereka yang tidak memiliki rekening tersebut tidak mendapatkan bantuan, demikian dijelaskan Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Ida Fawzia.

“Yang bisa dimutasi adalah yang banknya Bank Himbara. Setelah itu dibuka untuk rekan kerja yang belum punya rekening Himbara,” kata Sekretariat Kabinet seperti dikutip situs resmi Sekretariat Kabinet,

Ia melanjutkan, akan dibuka rekening baru bagi pekerja/buruh yang telah memenuhi persyaratan dan belum memiliki Rekening Bank Himbara.

4. Program Keluarga Harapan (PKH)

Daftar bantuan sosial dari pemerintah yang akan disalurkan pada September 2021 adalah PKH. Diberitakan Kompas.com, pada 19 Juli 2021, dalam rapat terbatas penilaian darurat PPKM yang digelar di Istana Merdeka pada 18 Juli 2021, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengklarifikasi bahwa program PKH masih berlangsung hingga Desember 2021.

Total target program ini adalah 10 juta keluarga. Karena rata-rata anggota keluarga adalah 4 orang, maka total penerima manfaat adalah 40 juta orang. Total anggaran untuk program ini adalah sebesar Rp 28,31 triliun.

BACA JUGA :   Heboh.! 1 GB Kuota Internet Harganya 1 gram Emas di Papua

5. Kartu makanan

Selain itu, daftar bantuan sosial yang akan disalurkan pada September 2021 adalah Kartu Sembako. Program Kartu Sembako juga akan berlanjut hingga September. Hal tersebut disampaikan pada kesempatan yang sama oleh Sri Mulyani.

Setiap keluarga mendapatkan sembako Rp 200.000 per bulan dari Januari hingga Desember. “Pemerintah telah memberikan kartu sembako sebesar 18,8 juta keluarga, 10 juta di antaranya adalah keluarga PKH,” kata Sri Mulyani.

6. Kartu Prakerja

Setelah itu, bantuan sosial dari pemerintah yang akan dikucurkan pada September 2021 adalah kartu prakerja. pra-kerja cProgram ard yang dimulai tahun lalu masih berlangsung. Dalam rapat terbatas, Sri Mulyani menyatakan ebut site akan dibuka kembali untuk 2,8 juta peserta.

“Kita akan tambah lagi Rp 10 triliun, sehingga program prakerja bisa menambah jumlah peserta dengan tambahan 2,8 juta peserta,” kata Sri Mulyani.

Pada semester II 2021 dibuka dua gelombang 18 dan 19 angkatan masing-masing 800.000 orang. Pendaftaran Prakerja Batch 19 ditutup pada 29 Agustus 2021. Jadi total kuota yang tersisa adalah 1.200.000 orang.

Pendaftaran pra-kerja biasanya dibuka setiap minggu. Saat ini masyarakat masih menunggu pembukaan siklus prakerja ke-20 yang kemungkinan akan dibuka minggu ini.

Berikut daftar bantuan sosial pemerintah yang akan disalurkan pada September 2021. Kami berharap bantuan sosial pemerintah dapat membantu meringankan beban masyarakat yang ekonominya tertekan akibat pandemi COVID-19.