Makanan Tinggi Kolesterol Yang Berbahaya Bagi Kesehatan
Makanan Tinggi Kolesterol Yang Berbahaya Bagi Kesehatan

Makanan Tinggi Kolesterol Yang Berbahaya Bagi Kesehatan

Makanan Tinggi Kolesterol- Jangan hanya memikirkan seberapa tinggi kandungan lemak dan kalori saat melihat makanan. Soalnya ada juga makanan tinggi kolesterol yang harus diwaspadai.

Perlu diketahui bahwa kolesterol merupakan faktor risiko penyakit jantung dan stroke.

Namun ada dua jenis kolesterol dalam tubuh: yang pertama adalah low-density lipoprotein (LDL), atau kolesterol jahat yang dikenal sebagai penyebab berbagai masalah kardiovaskular.

Akumulasi lemak membentuk lapisan plak dan menyumbat pembuluh darah. Yang kedua adalah high-density lipoprotein (HDL), atau kolesterol baik. HDL berperan dalam mengontrol kadar LDL.

Ada berbagai penyebab kolesterol tinggi dalam tubuh, di antaranya gaya hidup yang tidak sehat dan konsumsi makanan tinggi kolesterol.

Pemantauan rutin harus dilakukan mengingat kadar kolesterol darah tinggi seringkali tidak menunjukkan gejala, kata Tre Julie Eddy Tarrigan, kepala endokrinologi metabolik dan diabetes, divisi penyakit dalam, FKUI-RSCM.

Pemantauan rutin harus dilakukan mengingat kadar kolesterol darah tinggi seringkali tidak menunjukkan gejala, kata Tre Julie Eddy Tarrigan, kepala endokrinologi metabolik dan diabetes, divisi penyakit dalam, FKUI-RSCM.

BACA JUGA :   Bahan Alami Untuk Meredakan Sakit Gigi

“Seringkali tidak ada keluhan, kecuali pada kasus yang berat, [kadar kolesterol] tinggi, sakit kepala, dan nyeri ‘kiming’ di belakang leher. Kadang kalau ada [jantung] baru terdeteksi,” kata beberapa kepada seorang waktu lalu.

Beberapa gejala yang sering dikeluhkan penderita kolesterol tinggi adalah nyeri punggung, kelelahan, dan nyeri dada. Namun nyatanya, gejala-gejala tersebut merupakan tanda-tanda penyakit serius lainnya yang mungkin terjadi akibat peningkatan kadar kolesterol dalam darah.

Kolesterol tidak langsung naik setelah makan makanan yang tinggi kolesterol. Namun, jumlah kolesterol harus dipantau, terutama yang memiliki riwayat kolesterol tinggi.

Kadar kolesterol normal bervariasi dari orang ke orang. Di bawah ini adalah kadar kolesterol normal untuk orang dewasa.

Medical News Today melaporkan bahwa kadar kolesterol total normal untuk orang dewasa adalah kurang dari 200 miligram per desiliter (mg/dL).

Kolesterol antara 200 dan 239 mg/dL termasuk dalam batas tinggi, sedangkan kadar kolesterol di atas 240 mg/dL tergolong tinggi.

Pada orang dewasa, LDL harus kurang dari 100 mg/dL. Hanya saja jika masih dalam kisaran 100-129 mg/dL, masih normal untuk orang dewasa yang tidak memiliki masalah kesehatan.

BACA JUGA :   Makanan Yang Baik Untuk Dimakan Sebelum Tidur

Kadar kolesterol jahat antara 130-159 mg/dL termasuk dalam batas atas dan 160-189 mg/dL termasuk dalam kategori tinggi. Selanjutnya, LDL 190 mg/dL atau lebih dianggap sangat tinggi.

Sementara itu, semakin tinggi kadar HDL (high-density lipoprotein) atau kolesterol baik, semakin baik. Waspadalah terhadap kolesterol HDL di bawah 40 mg/dL karena merupakan risiko terbesar penyakit jantung.

Sedangkan HDL yang berada pada kisaran 41-59 mg/dL dianggap berada di batas atas. Kadar kolesterol normal yang optimal untuk kadar HDL pada orang dewasa adalah 60 mg/dL atau lebih.

. Makanan tinggi kolesterol

Kadar kolesterol jahat seseorang dipengaruhi oleh gaya hidup dan pola makan. Mengonsumsi makanan yang tinggi kolesterol juga dapat meningkatkan risiko berkembangnya kolesterol jahat dalam darah.
Berikut beberapa makanan yang berbahaya bagi tubuh karena mengandung persentase kolesterol yang tinggi.

Mengutip Medical News Hari ini, hanya protein hewani yang mengandung kolesterol. Namun sayangnya, banyak orang yang kurang memperhatikan kandungan senyawa ini dibandingkan dengan kandungan lemaknya.

1. kuning telur

Mengutip Web MD, kuning telur sering dianggap sebagai salah satu sumber kolesterol terburuk. Satu telur mengandung sekitar 186 miligram kolesterol, yang lebih dari setengah jumlah harian maksimum yang direkomendasikan. Semua kolesterol ini ada di kuning telur.

BACA JUGA :   Obesitas Pengaruhi Respons Imun, Kurangi Efektivitas Vaksin Covid-19

2. Keju

Sedikit keju dalam diet Anda dapat menambah rasa. Padahal, kadar kolesterolnya sangat tinggi. 21 gram keju Monterey Jack mengandung 18,7 mg kolesterol.

3. udang

Satu porsi 4 ons udang mengandung 170 miligram kolesterol. Ini lebih dari setengah dari asupan harian yang direkomendasikan.

Selain udang, beberapa makanan laut atau hewan lain yang harus dihindari adalah kerang dan kepiting.

4. Jeroan hewan yang disembelih

Anda mungkin sudah tahu bahwa mabuk termasuk makanan tinggi kolesterol. Ini bukan pilihan yang baik bagi mereka yang memiliki masalah kolesterol tinggi. 3 ons hati sapi, misalnya, mengandung 333 miligram kolesterol.

5. Makanan cepat saji

Penelitian telah menunjukkan bahwa makan di luar secara teratur di restoran cepat saji menyebabkan peningkatan kolesterol dan dapat menurunkan kolesterol baik.

6. Daging olahan

Mengutip Healthline, daging olahan seperti sosis, bacon, dan lainnya harus dihindari.

Konsumsi daging olahan yang tinggi telah dikaitkan dengan peningkatan tingkat penyakit jantung dan jenis kanker tertentu seperti kanker usus besar.

7. Permen

Ini mungkin sulit bagi Anda pecinta makanan manis. Kue kering, es krim, dan makanan penutup lainnya juga termasuk makanan tinggi kolesterol, tambahan gula, lemak tidak sehat, dan kalori.