Jenis Makanan Rendah Kalori yang Enak & Rendah Lemak
Jenis Makanan Rendah Kalori yang Enak & Rendah Lemak

Jenis Makanan Rendah Kalori yang Enak & Rendah Lemak

Makanan rendah kalori yang enak & rendah lemak – Makanan yang rendah kalori dan lemak dapat membuat siapa pun makan kenyang lebih lama. Jenis makanan ini cocok bagi mereka yang mengikuti program diet.

Misalnya, 200 kalori dada ayam dapat membuat perut Anda kenyang, tetapi dibutuhkan 500 kalori kue untuk mendapatkan efek yang sama.

Sehingga teknik penurunan berat badan bisa dilakukan dengan memilih makanan yang tepat agar tetap bisa merasa kenyang meski makan dalam jumlah sedikit.

Mengutip Healthline, penelitian menunjukkan bahwa volume makanan yang dikonsumsi secara signifikan mempengaruhi rasa kenyang.

Ketika makanan mengandung banyak air, volumenya meningkat tanpa menambah kalori. Sedangkan protein tinggi juga bisa menyebabkan perasaan kenyang.

Kacang-kacangan

Kacang polong atau legum dikenal dengan serat dan proteinnya yang baik. Kacang-kacangan, bila digabungkan, dapat memberikan kepadatan energi yang relatif rendah, menjadikannya makanan yang mengenyangkan yang dapat mendorong penurunan berat badan.

BACA JUGA :   Cara Efektif Cegah Diabetes, Lakukan Sejak Dini

Sayuran

Sayuran diketahui mengandung banyak nutrisi. Sayuran juga mengandung air dan serat. Mengkonsumsi salad yang mengandung sayuran dapat membantu memuaskan rasa lapar, terutama jika disantap sebelum makan.

Salad adalah makanan efektif yang rendah kalori dan lemak untuk membantu Anda menurunkan berat badan.

Oatmeal

Makanan rendah kalori yang enak dan rendah lemak dalam diet berikut adalah oatmeal. Sereal ini cocok untuk sarapan.

Oatmeal kaya akan serat dan kemampuannya menyerap air. Oat adalah sumber serat larut yang baik yang disebut beta-glukan, yang membantu memperlambat pencernaan dan penyerapan karbohidrat.

Oatmeal lebih baik dalam menekan nafsu makan jika dibandingkan dengan sereal sarapan cepat, ,meningkatkan rasa kenyang, dan mengurangi kalori sepanjang hari.

Sup

Cairan sering dianggap kurang mengenyangkan dibandingkan makanan padat. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa sup lebih mengenyangkan daripada makanan padat yang mengandung bahan yang sama.

Dalam satu penelitian ketika sup dimakan di awal waktu , subjek mengonsumsi kalori 20 persen lebih sedikit daripada mereka yang makan itu.

BACA JUGA :   Makanan Yang Baik Untuk Dimakan Sebelum Tidur

Telur

Telur rendah kalori dan lemak. Telur kaya akan nutrisi karena kandungan proteinnya. Telur juga mengandung asam amino esensial yang sangat berguna untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan telur untuk sarapan merasa lebih kenyang dan mengonsumsi lebih sedikit kalori sepanjang hari dibandingkan mereka yang makan roti.

Secara khusus, satu penelitian menemukan bahwa orang yang makan telur untuk sarapan menurunkan indeks massa tubuh (BMI) dan kehilangan berat badan lebih banyak daripada mereka yang makan roti.

Kentang rebus

Karena kandungan karbohidratnya yang tinggi, banyak orang menghindari kentang. Namun, kentang utuh mengandung serat, vitamin, dan banyak nutrisi penting lainnya.

Jika ingin makan kentang sebaiknya direbus dan tidak digoreng agar tidak menambah kalori dan kandungan lemaknya.

Apel

Apel adalah makanan rendah kalori yang enak dan rendah lemak. Dengan konsumsi kalori yang lebih rendah dan dapat berkontribusi pada penurunan berat badan dari waktu ke waktu beberapa penelitian menunjukkan bahwa makan buah dapat dikaitkan.

BACA JUGA :   Penyebab Penyakit Tipes dan Cara Mencegahnya yang Benar

Apel mengandung pektin, serat larut yang secara alami memperlambat pencernaan, dan apel membantu perut Anda terasa kenyang lebih lama.

Buah ini juga mengandung 85 persen air, yang memberikan volume dan meningkatkan rasa kenyang tanpa menambah kalori.

Ikan

Belum lagi ikan juga masuk dalam daftar makanan rendah kalori yang enak dan rendah lemak. Yang dapat meningkatkan rasa kenyang pada orang yang kelebihan berat badan atau obesitas, ikan dikatakan sebagai asam lemak omega-3.

Ikan juga dikemas dengan protein berkualitas tinggi yang dikenal membuat Anda merasa kenyang.

Daging tanpa lemak

Makanan rendah kalori yang enak dan rendah lemak untuk dipilih adalah daging tanpa lemak. Daging tanpa lemak kaya akan protein yang sangat mengenyangkan.

Jika tidak ingin menambah berat badan terlalu banyak, Anda bisa mengonsumsi daging tanpa lemak dengan campuran sayuran segar.

Buah jeruk

Mirip dengan apel, buah jeruk juga rendah kalori dan lemak serta tinggi pektin yang dapat memperlambat pencernaan dan meningkatkan rasa kenyang.