Cara Cek STNK dan BPKB Kendaraan Bekas Asli atau Tidak
Cara Cek STNK dan BPKB Kendaraan Bekas Asli atau Tidak

Cara Cek STNK dan BPKB Kendaraan Bekas Asli atau Tidak

Cara Cek STNK – Ada banyak hal yang perlu diperhatikan saat membeli mobil bekas. Selain kondisi fisik dan mesin mobil itu sendiri, kelengkapan dokumen juga penting diperhatikan. Jangan sampai dokumen kendaraan tidak lengkap atau dipalsukan.

Cara cek STNK dan BPKP asli atau tidak sebenarnya tidak terlalu sulit. Ada banyak hal yang bisa dilihat dengan mata telanjang, dan ini akan menghindarkan kita dari menjadi korban penipuan atau membeli mobil yang ternyata hasil curian.

Memiliki mobil dengan dokumen palsu akan sangat merugikan di kemudian hari dan sangat merepotkan untuk dikelola. Kita tidak akan bisa dapat membayar pajak mobil saat jatuh tempo.

Mengutip NTMCpolri, memeriksa atau mengecek dokumen mobil bekas sebenarnya tidak terlalu sulit.  Anda juga bisa cek STNK online agar bisa mengetahui informasi tentang kendaraan bermotor.

BACA JUGA :   Masalah dan Perawatan Kulkas Untuk Menjaga Kinerja nya

Apalagi polisi sudah melakukan banyak pengamanan agar dokumen mobil tidak mudah dipalsukan dan mudah diverifikasi.

Lihat caranya di bawah ini:

Cara cek STNK asli atau palsu

Periksa label hologramnya. Di sisi kanan atas STNK terdapat gambar 3D yang halus.

Lubang tipis pada kertas STNK. Perhatikan sisi kanan lembaran STNK, jika STNK asli maka akan terdapat lubang-lubang tipis yang membentuk tulisan STNK. Sementara imitasi STNK tidak ada lubang tipis.

Periksa kode batang STNK.

Ada barcode di STNK yang menunjukkan, jika dipindai, akan di ketahui nomor atau identitas pemilik kendaraan. Sedangkan pada STNK palsu barcode hanya sebagai hiasan dan tidak memiliki fungsi.

BACA JUGA :   Begini Cara Cek Tarif Pos Indonesia Melalui Handphone

Cara Cek BPKB Asli atau Palsu

Lihat sampul BPKB. Cover BPKB asli dibuat dengan finishing lebih glossy, sedangkan cover BPKB palsu umumnya buram.

Periksa warna hologram. Saat Anda melihatnya di BPKB asli, hologram berwarna abu-abu dan tidak berubah warna.Sedangkan BPKP palsu berubah menjadi kuning jika dilihat.

Lihat nomor seri di bagian bawah hologram. Ada nomor seri yang tertulis di bawah hologram, nomor tersebut dibuat untuk tujuan membedakan domisili.

Ada simbol-simbol yang menunjukkan asal usul dokumen Polda yang dikeluarkan. Data ini bersifat rahasia dan tidak dipublikasikan secara luas.

Verifikasi identitas pemilik kendaraan. Pada PBKB palsu, hanya data kendaraan yang diubah. Sementara itu, data pemilik mobil tidak berubah.

BACA JUGA :   Begini Cara Backup Data Android agar Data Tidak Hilang

Banyak identitas kendaraan telah dipindai dan kemudian dicetak ulang, dan biasanya sangat mudah dilihat.

Lihat logo Corlantas. Terdapat lambang Korlantas pada halaman 14 kertas buku BPKB yang jika dilihat dengan menggunakan sinar ultraviolet akan terlihat.

Selain itu, permukaan kertas juga akan terasa kasar saat disentuh. Saat PBKP palsu menyala, kertas akan terasa rata.

Agar tidak menjadi korban penipuan, polisi mengimbau calon pembeli kendaraan untuk mengecek di Dirlantas atau Samsat. Pengecekan BPKB dan STNK apakah asli atau palsu itu gratis.

Itulah Cara cek STNK dan BPKB asli atau tidak jika Anda mau beli mobil atau sepeda motor bekas.