Atasi Dengan Bahan Alami, Ini Penyebab Kutu Air di Tangan
Atasi Dengan Bahan Alami, Ini Penyebab Kutu Air di Tangan

Atasi Dengan Bahan Alami, Ini Penyebab Kutu Air di Tangan

Infeksi berbagai jamur yang mudah menular adalah penyebab kutu air di tangan. Biasanya kutu air di tangan pertama kali muncul di telapak tangan seseorang. Jika dibiarkan dalam waktu lama, infeksi yang terjadi pada telapak tangan dapat menyebar ke bagian tangan lainnya.

Berbagai gejala seperti gatal, kulit bersisik, kulit mengelupas, merah, hingga tumbuh benjolan berisi cairan bening.

Kutu air di tangan harus segera diatasi agar tidak semakin parah. Selain itu, Anda juga bisa mengatasinya dengan berbagai cara, seperti menggunakan obat-obatan dengan bahan alami yang bisa menghilangkan kutu air di tangan Anda.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (11/2/2020) ini penyebab munculnya kutu air di tangan.

Penyebab kutu air di tangan

beberapa penyebab kutu air di bagian tangan adalah Infeksi jamur yang mudah menular, seperti Trichophyton, Microsporum, dan Epidermophyton. Bagian tubuh lain seperti kaki, paha, dan kulit kepala adalah bagian tubuh yang mudah tertular kutu air di tangan.

Anda harus memperhatikan beberapa faktor penyebab kutu air di tangan, yaitu sebagai berikut:

Hidup di iklim yang panas dan lembab.

Kontak kulit dengan orang yang memiliki kutu air.

BACA JUGA :   Cara Benar Mengkonsumsi Madu Untuk Mengobati Berbagai Penyakit

Berbagi dengan orang lain penggunaan pakaian, sarung tangan atau handuk, terutama saat berkeringat.

Sering kontak dengan hewan peliharaan atau hewan ternak.

Sistem kekebalan yang melemah karena penyakit tertentu seperti HIV dan kanker

Itulah beberapa penyebab kutu air di tangan yang perlu Anda ketahui. Dengan mengetahui penyebabnya, Anda bisa menghindarinya untuk mencegah Anda terkena kutu air.

Cara mengatasi kutu air secara alami

Ilustrasi baking soda

Setelah mengetahui penyebab kutu air di tangan Anda, tentunya Anda harus mempelajari berbagai cara mengatasi kutu air secara alami. Berikut beberapa cara mengatasi kutu air secara alami:

Soda kue

Cara menyiasati penyebab kutu air selanjutnya adalah dengan menggunakan baking soda. Pada tahun 2013 menemukan bahwa baking soda dapat digunakan sebagai obat alami kutu air yang patut dicoba. “Sebuah penelitian dalam Journal of Mycopathologia”. Ini karena baking soda dapat melawan infeksi jamur penyebab dermatitis.

Cara mengoleskan baking soda untuk menghilangkan kutu air sangatlah mudah. Campurkan cangkir (115 gram) soda kue ke dalam semangkuk air hangat.

Selanjutnya, rendam kaki atau tangan yang terkena selama 15-20 menit dua kali sehari.

Garam laut

BACA JUGA :   10 Makanan Kaya Antioksidan yang Membantu Tubuh Melawan Penyakit

Garam juga merupakan bahan alami yang dapat digunakan sebagai cara untuk mengatasi kutu air. Hal ini karena garam memiliki sifat anti bakteri dan anti jamur yang kuat. Garam dapat membantu mencegah pertumbuhan bakteri dan infestasi kutu air.

Salah satu cara termudah untuk mengatasi kutu air adalah dengan merendam kaki di air garam. Lakukan ini selama 20 menit, lalu keringkan dengan baik.

Jangan biarkan kaki atau tangan Anda basah, karena ini dapat menyebabkan pertumbuhan jamur dan memperburuk gejala.

Minyak pohon teh

Minyak pohon teh telah digunakan sebagai obat antijamur alami selama bertahun-tahun. Untuk mengobati kutu air, hal ini karena minyak pohon teh memiliki sifat antiseptik, antibakteri dan antijamur yang cocok.

Faktanya, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Australian Journal of Dermatology pada tahun 2002, manfaat minyak pohon teh telah terbukti sama efektifnya dengan tolnaphite.

Tolnaftate sendiri merupakan salah satu obat infeksi kutu air atau jamur yang paling banyak digunakan.

Cukup tuangkan sedikit minyak ke telapak tangan, lalu gosokkan ke area kulit yang gatal akibat kutu air.

Mulai dari gatal, bengkak, dan rasa terbakar pada kulit, cara ini dapat membantu mengurangi gejala kutu air. Disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu mengenai efek sampingnya.

BACA JUGA :   Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

Bawang putih

Bawang putih (iStockphoto)

Bawang putih diketahui memiliki sifat antijamur yang ampuh melawan jamur Candida albicans melalui sebuah penelitian dalam Journal of Applied Microbiology pada tahun 2002. Jenis bakteri ini adalah penyebab paling umum dari infeksi jamur pada manusia.

Cara mengoleskan bawang putih untuk mengobati kutu air adalah dengan menumbuk 4-5 siung bawang putih hingga dihaluskan, lalu gosok perlahan ke area kaki atau tangan yang terinfeksi kutu air. Ulangi ini secara teratur setidaknya dua kali sehari untuk mengurangi rasa gatal di kaki.

Selain itu, Anda juga bisa menyiapkan baskom berisi air hangat, lalu tambahkan 3-4 siung bawang putih yang sudah dihaluskan sebelumnya.

Rendam kaki atau tangan yang terkena selama 30 menit sampai gatal mereda. Lakukan ini dua kali sehari hingga seminggu dan lihat perubahannya.

Untuk menghindari kutu air di tangan Anda, Anda dapat menjalani hidup bersih dengan mencuci dan mengeringkan tangan segera, dan dengan menghindari kontak langsung dengan orang atau hewan yang memiliki kutu air.