Manfaat Madu Untuk Kesehatan Dan Kecantikan
Madu juga bisa digunakan untuk scrub yang berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati secara perlahan sekaligus nutrisi dan menjaga kelembapan kulit. (Foto: Istimewa)

Manfaat Madu Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat Madu –elain diolah atau diblender menjadi makanan dan minuman, madu juga digunakan sebagai bahan untuk mempercantik kulit. Hal ini karena madu mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan secara umum,

juga untuk kecantikan kulit dan kesehatan rambut. Nutrisi dalam madu termasuk asam amino, vitamin B, kalsium dan zat besi. Madu juga kaya akan antioksidan seperti asam fenolik dan flavonoid.

Apa manfaat dari artikel ini?

1. Manfaat madu untuk kulit

Manfaat Madu Untuk Kesehatan Dan Kecantikan
Ilustrasi madu untuk kecantikan

Dermatologis Marina Peredo, yang berbasis di New York, AS, mengatakan bahwa madu yang kaya antioksidan menawarkan berbagai manfaat untuk kesehatan dan penyembuhan kulit.

“Madu memiliki sifat antimikroba, menghidrasi dan menghidrasi dan dapat menenangkan peradangan,” kata Byredo.

Dia mencatat bahwa madu kaya akan sifat antijamur dan antibakteri, sehingga dapat membantu membersihkan pori-pori, membunuh bakteri, dan mengobati jerawat.

Madu juga memiliki kemampuan menyerap air dan melembabkan kulit secara mendalam tanpa meninggalkan rasa berminyak. Oleh karena itu, madu cocok untuk orang dengan kulit berjerawat atau yang menderita masalah kulit kronis seperti eksim atau rosacea.

BACA JUGA :   Perut Ibu Hamil Terasa Kencang, Ini Penyebabnya!

Byredo mencatat bahwa madu juga mengandung hidrogen peroksida, yang dapat membantu memudarkan bekas luka. Ahli diet Jennifer Hanaway setuju dengan pandangan Byredo.

“Madu adalah sumber antioksidan dan polifenol yang bagus untuk kulit, yang merupakan senyawa yang membantu mengurangi kerusakan akibat radikal bebas dan mencegah penuaan dini,” Hanway menjelaskan.

Honeycomb selain mengandung madu juga mengandung propolis. Propolis adalah bahan yang berfungsi untuk menjaga sarang tetap steril, kata Peredo.

Propolis termasuk dalam bahan perawatan kulit yang memiliki manfaat terapeutik. “Propolis membantu menyembuhkan luka, luka bakar dan kemerahan serta bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat dan pasca operasi dengan laser,” ujarnya.

“Propolis memiliki sifat pelembab dan dapat membantu melawan penuaan, garis-garis halus, dan kerutan.” Untuk mengaplikasikan madu dalam rutinitas perawatan kulit Anda, Anda harus memilih madu yang tepat.

“Carilah madu mentah ketika kita memutuskan untuk menggunakan madu dalam perawatan kulit,” kata wanita itu. “Jenis madu lainnya dipanaskan dan disaring untuk meningkatkan umur simpan, yang pada akhirnya mengurangi sifat kaya enzim pada madu.”

BACA JUGA :   Mengobati Masuk Angin, Ini Caranya!

“Madu Manuka juga bagus untuk kulit, tapi harganya mahal karena berasal dari Selandia Baru dan Australia,” tambahnya. “Pilih madu gelap yang kaya nutrisi.”

Alternatif lain

Kita juga bisa mengoleskan masker madu di wajah, seperti yang biasa dilakukan Jada Pinkett Smith. Caranya, campurkan setengah buah alpukat dan dua sendok makan madu, oleskan pada kulit, lalu bilas.

Jika kita ingin makan atau minum saat kita masih menggunakan masker madu, campurkan 1 sendok teh madu dengan 2 sendok teh gula pasir.

Kemudian oleskan campuran tersebut ke bibir dengan sedikit tekanan untuk mengendurkan sel-sel kulit mati. Selain membuat kulit lebih halus, madu juga membantu memulihkan kondisi kulit.

2. Manfaat kesehatan dari madu

Manfaat Madu Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

– Kepadatan Nutrisi

Menurut Hanway, madu mentah mengandung mikronutrien, termasuk vitamin B dan nutrisi penting seperti magnesium dan seng. Madu juga merupakan sumber serat penting.

“Serat prebiotik adalah jenis serat yang membantu memelihara dan memelihara bakteri baik di mikrobioma usus kita,” jelasnya.

BACA JUGA :   Boleh Nggak Sih Ibu Hamil Makan Mie Instant? Cek di Sini

– Menyeimbangkan gula darah

Madu yang rasanya manis tampaknya memainkan peran utama dalam menyeimbangkan gula darah. “Semua pemanis berkalori, alami atau olahan, akan meningkatkan kadar gula darah,” Hanway.

“Tapi madu memiliki indeks glikemik terendah dan bahkan menawarkan manfaat untuk mengurangi nafsu makan dan menjaga keseimbangan gula darah.”

Sebuah studi tahun 2010 yang diterbitkan dalam Journal of American College of Nutrition menemukan bahwa ketika makan madu untuk sarapan, partisipan mengalami respons glikemik yang buruk.

Respon glikemik ini menunjukkan bahwa gula darah partisipan tidak naik, disertai dengan penurunan ghrelin, atau hormon rasa lapar. Namun, tidak semua jenis madu baik untuk dikonsumsi.

“Jenis-jenis madu yang dianggap rendah indeks glikemiknya adalah madu kotak kuning, madu kulit kayu manis, getah merah, kulit kayu besi, dan yabuya,” kata Hanway.

3. Manfaat madu untuk perawatan rambut

Manfaat Madu Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Ruslan muda, penata rambut dan ahli rambut di New York, AS, mengatakan bahwa madu memiliki manfaat perawatan rambut. “Manfaat terbesar madu pada rambut adalah sifat antibakteri serta sifat menenangkannya untuk semua jenis masalah kulit kepala,” kata Ruslan. “Madu dapat melawan semua jenis infeksi yang disebabkan oleh penumpukan kronis atau penyakit jamur.”