Manfaat Makan Telur Untuk Kesehatan Bagi Tubuh

Manfaat Makan Telur Untuk Kesehatan Bagi Tubuh

Manfaat Makan Telur- Telur adalah salah satu bahan makanan yang paling serbaguna, mudah disiapkan, dan lezat yang menjadikannya favorit. Berkat kandungan nutrisinya yang hampir lengkap, telur juga dianggap sebagai makanan super dengan segudang manfaat kesehatan.

. Kandungan gizi telur

Manfaat Makan Telur Untuk Kesehatan Bagi Tubuh

Telur salah satu makanan hewani yang mempunyai hampir semua zat gizi makro dan mikro. Di dalam Putih telur adalah sumber protein, vitamin B2, B6, B12, dan selenium. Untuk kuning telur mengandung lemak, kalori, kolesterol, dan beberapa jenis mineral.

Ayam broiler, ayam buras, dan telur bebek mengandung jumlah nutrisi yang berbeda. Namun, protein dan lemak mendominasi ketiganya, dan mengandung berbagai vitamin dan mineral dalam jumlah tertentu.

Dua butir telur ayam 100 gram mengandung nutrisi di bawah ini.

Energi (kalori): 154 kalori
Protein: 12,4 gram
Lemak: 10,8 gram
Karbohidrat: 0,7 gram
Kalsium: 86 miligram
Fosfor: 258 miligram
Besi: 3 mg
Kalium: 118,5 miligram
Natrium: 142 miligram
Vitamin A: 104 mcg
Tiamin (Vitamin B1): 0,12 miligram
Riboflavin (Vitamin B2): 0,38 miligram

Telur ayam juga mengandung banyak vitamin B6, vitamin D, vitamin E, vitamin K dan mineral zinc dalam jumlah yang cukup. Tak hanya itu, ada juga dua senyawa antioksidan yang disebut lutein dan zeaxanthin.

BACA JUGA :   Boleh Nggak Sih Ibu Hamil Makan Mie Instant? Cek di Sini

. Manfaat Makan Telur untuk kesehatan

Manfaat Makan Telur Untuk Kesehatan Bagi Tubuh

Makan telur memberi tubuh Anda energi, protein, dan vitamin yang dibutuhkan untuk berfungsi dan berfungsi.

Selain itu, banyak sebuah kandungan nutrisi dalam telur yang dapat menyehatkan tubuh dan mengurangi risiko penyakit. Berikut berbagai manfaat telur.

1. Membentuk jaringan tubuh dan membantu fungsinya

Protein memainkan peran penting dalam pembentukan, perbaikan, dan hampir semua fungsi sel. Nutrisi inilah yang menyusun setiap sel dan jaringan yang menyusun tubuh manusia, seperti otot, otak, peredaran darah, tulang, dan masih banyak lagi.

Tubuh membutuhkan protein untuk melakukan proses metabolisme, menciptakan energi, menyembuhkan luka, dan memproduksi hormon. Memakan satu telur per hari membantu menyediakan protein yang dibutuhkan untuk melakukan fungsi ini.

2. Menjaga kesehatan mata

Manfaat Makan Telur mengandung dua antioksidan, lutein dan zeaxanthin, yang bermanfaat untuk kesehatan mata. Lutein dan zeaxanthin yang Anda dapatkan dari telur biasanya terkumpul di retina Anda dan melindunginya dari kerusakan akibat sinar matahari.

Beberapa penelitian yang lebih tua juga menunjukkan bahwa lutein dan zeaxanthin membantu mengurangi risiko katarak dan degenerasi makula. Keduanya merupakan penyakit yang sering menyebabkan kebutaan pada pasien lanjut usia.

3. Jaga kesehatan otak

Telur mengandung kolin, zat mirip vitamin B yang penting dalam perkembangan otak selama kehamilan. Dalam sel otak manusia, kolin dapat mempercepat pelepasan protein yang dibutuhkan dalam pembentukan memori dan banyak fungsi otak lainnya.

BACA JUGA :   Jenis Lebah Penghasil Madu yang Wajib Anda Ketahui

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang mendapatkan banyak kolin cenderung memiliki kemampuan kognitif dan memori yang lebih baik. Cara termudah untuk mendapatkan manfaat kolin adalah dengan makan telur setiap hari.

4. Menurunkan kadar kolesterol jahat

Telur mengandung kolesterol. Makan kolesterol yang Anda dapatkan dari makanan biasanya tidak meningkatkan kadar kolesterol darah Anda. Di sisi lain, telur justru membantu menyeimbangkan kadar kolesterol.

Kandungan kolesterol dalam telur sebenarnya mempunyai manfaat mengubah kolesterol jahat menjadi bentuk kolesterol lain yang lebih sehat. Sebuah pengamatan British Medical Journal juga menunjukkan tidak ada hubungan antara konsumsi telur dan risiko penyakit jantung.

5. Membantu mengurangi resiko penyakit jantung

Manfaat Makan Telur Tidak hanya menurunkan kolesterol jahat, telur dapat meningkatkan jumlah high-density lipoprotein (HDL) yang dikenal sebagai kolesterol baik. Orang dengan HDL tinggi biasanya memiliki risiko lebih rendah terkena stroke dan penyakit jantung.

Kandungan gizi banyak jenis telur juga diperkaya dengan asam lemak omega-3 yang dapat menurunkan trigliserida dalam darah. Kadar trigliserida yang rendah mencegah pembentukan plak gigi di pembuluh darah, yang merupakan prekursor penyakit jantung.

6. Membantu menjaga berat badan

Manfaat Makan Telur memberikan program tersendiri bagi mereka yang sedang menurunkan berat badan. Telur banyak mengandung akan sebuah protein dan lemak, yang merupakan sumber kalori yang lebih baik daripada karbohidrat sederhana seperti nasi atau makanan manis.

BACA JUGA :   Ini Tanda Tanda Kehamilan yang Perlu Diketahui

Makan telur bisa membuat Anda kenyang lebih lama dengan kalori lebih sedikit. Dengan menambahkan telur ke menu sarapan Anda, Anda akan mendapatkan lebih banyak energi dan akan terhindar dari keinginan untuk makan berlebihan.

7. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Telur mengandung berbagai nutrisi yang penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat. Beberapa di antaranya adalah asam amino pembentuk kekebalan serta antioksidan, vitamin A, vitamin B12, dan mineral selenium yang membuatnya tetap berfungsi.

Selain membran d, kuning telur di sekitar telur juga mengandung sulfur-glikopeptida. Zat ini membantu merangsang produksi makrofag, yaitu sel kekebalan yang melindungi tubuh dari penyakit dan infeksi.

. Hal-hal yang harus diperhatikan sebelum makan telur

Manfaat Makan Telur Untuk Kesehatan Bagi Tubuh

Telur memiliki banyak manfaat, tetapi ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memakannya. Mengenai batasan asupan, makan sebutir telur setiap hari tidak procela bagi orang sehat. Kebiasaan ini sebenarnya bermanfaat bagi kesehatan Anda.

Namun, berbeda bagi penderita diabetes, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, atau yang memiliki masalah dengan kolesterol. Anda masih bisa makan telur, tetapi lebih baik tidak lebih dari tiga kali seminggu.

Hindari juga makan telur jika Anda menderita alergi. Gejala alergi telur termasuk ruam, gatal, dan sakit perut. Jangan abaikan bahkan gejala ringan karena alergi dapat bereaksi buruk pada beberapa orang.

Untuk memastikan keamanan pangan, simpan telur di lemari es segera setelah Anda membelinya. Jangan menyimpan telur pada suhu kamar atau mencucinya. Penyimpanan dan penanganan yang tepat akan menjaga manfaat dan kualitas telur.